Follow Us

7 Efek Samping Fair and Lovely yang Wajib Anda Waspadai!

7 Efek Samping Fair and Lovely yang Wajib Anda Waspadai!

Ezkosmetik.com – Sebagai merk kosmetik yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di seluruh dunia, Fair and Lovely memiliki berbagai produk yang telah disempurnakan formulanya untuk mempercantikan kulit wajah wanita. Berbagai manfaat bisa anda dapatkan darinya, salah satunya adalah kulit wajah yang semakin cerah merona.

Fair and Lovely merupakan brand produk kecantikan yang berada di bawah kelola Unilever. Sudah diproduksi sejak lama menjadikan Fair and Lovely telah mengalami banyak perubahan dari generasi pertamanya, khususnya dari segi formula yang semakin baik.

Namun Fair and Lovely bukannya tanpa kekurangan, ada efek samping yang bisa saja ditimbulkan akibat memakai produk tersebut. Gejala yang muncul di kulit wajah terjadi akibat ketidakcocokan kandungan bahan aktif di dalam Fair and Lovely dengan jenis kulit wajah. Efek yang terlihat bisa berupa muncul jerawat, bruntusan, iritasi hingga kulit mengelupas.

 Sebenarnya ini hal yang wajar karena hampir setiap skincare memiliki pengguna yang tidak cocok memakainya. Apabila anda memiliki seorang teman yang mendapatkan wajah yang semakin cerah glowing setelah memakai produk Fair and Lovely, belum tentu anda mendapat hal yang sama seperti teman anda. Maka dari itu, selalu selektif dalam memilih skincare dan mengetahui jenis kulit terlebih dulu.

7 Efek Samping Fair and Lovely yang Wajib Anda Waspadai!

Adapun efek samping  Fair and Lovely sebagai berikut:

1. Muncul Jerawat

Efek samping pertama yang wajib anda waspadai ketika memakai Fair and Lovely adalah munculnya jerawat. Jerawat adalah tanda ketidakcocokan kulit wajah dengan formula bahan aktif yang terkandung dalam Fair and Lovely Powder Cream.

Jerawat biasanya akan muncul ketika sudah 1-3 minggu memakai cream. Kulit yang mencoba menolak formulanya akan memunculkan gejala yang tidak mengenakkan sehingga anda harus segera berhenti memakainya.

Baca Juga:  5 Produk Garnier untuk Usia 30 Tahun ke Atas Terbaik yang Wajib Dicoba

2. Kulit terasa Gatal

Selain jerawat, kulit juga dapat terasa gatal akibat memakai produk Fair and Lovely. Berbeda dengan jerawat, gatal umumnya muncul setelah beberapa kali memakainya, bahkan bisa muncul setelah pertama kali mengoleskan cream pada kulit wajah.

Gatal akan terasa ketika sedang mengolekskan krim pada wajah dan akan berangsur hilang ketika sudah dibersihkan. Penyebabkan ialah kurangnya kecocokan kulit dengan kandungan di dalam produk. Segera hentikan pemakaian setelah mengalami gejala tersebut.

3. Terasa Sensasi Terbakar

Tidak hanya jerawat dan gatal saja yang wajib anda waspadai, kulit yang terasa sensasi terbakar juga patut anda waspadai. kandungan bahan aktif di dalam produk bereaksi dengan kulit dengan memunculkan rasa panas seperti terbakar. Sama seperti gatal, sensasi terbakar akan dirasakan ketika sedang mengoleskan cream pada kulit wajah dan setelah dibersihkan akan semakin menghilang.

Jika setelah wajah dibersihkan kulit terbakar tidak kunjung hilang, maka gunakan lah gel dengan formula aloe vera untuk membantu menenangkannya. Atau bisa konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi.

4. Muncul Bruntusan

Bruntusan juga merupakan efek samping dari brand kenamaan unilever tersebut. Bintik-binti kecil ‘pengganggu’ ini sulit dihilangkan sehingga anda harus berhati-hati memakai produk yang bisa menimbulkan efek samping tersebut.

Bruntusan biasanya akan muncul ketika sudah berkali-kali memakai Fair and Lovely, lebih tepatnya sekitar 1-4 minggu. Dalam masa tersebut, kulit yang tidak cocok bisa mengalami bruntusan di dahi. Agar bruntusan tidak semakin banyak, hentikan memakai produk Fair and Lovely.

5. Kulit Tiba-tiba Memerah

Ketika anda tidak cocok dengan bahan aktif di dalam produk, maka salah satu tandanya adalah kulit yang tiba-tiba memerah. Bercak kemerahan akan muncul pada beberapa area wajah khususnya di daerah pipi.

Baca Juga:  7 Produk Garnier untuk Bekas Jerawat dan Memutihkan Wajah Terbaik

Bercak merah di wajah bisa tampak seperti tersengat panasnya sinar matahari dalam waktu lama. Untuk membantu menenangkannya bisa memakai gel dengan efek cooling yang menyegarkan. Serta membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang menyejukkan kulit. Dalam beberapa jam atau hari bercak biasanya akan menghilang. Tapi jika belum dapat diinformasikan dengan dokter.

6. Kulit Iritasi

Seperti halnya produk pemutih wajah lain, Fair and Lovely juga mengandung bahan aktif yang memiliki konsentrasi tinggi untuk bisa masuk dan meresap ke dalam kulit. Hal ini sangat bagus untuk membantu mencerahkan kulit dengan cepat, tapi juga punya efek samping berupa resiko iritasi  jika digunakan pada kulit terlalu sensitif.

 Karena itu, anda patut waspada jika kulit wajah anda demikian. Kulit sensitif juga akan membuat reaksi jika memakai produk yang mengandung parfume dan alkohol. Beruntung Fair and Lovely tidak mengandung dua bahan tersebut.

7. Kulit Mengelupas

Dalam satu rangkaian produk Fair and Lovely lengkap, produk berbentuk cream lah yang bisa mengakibatkan kulit mengelupas. Kulit mengelupas merupakan cara produk mengangkat lapisan sel-sel kulit mati dengan cepat.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan satu ini. Kulit mengelupas hanya terjadi pada beberapa orang yang memiliki sel kulit mati menumpuk di wajah. Jadi jika kulit anda sudah bersih maka kulit tidak akan mengalami masalah ini.

Kesimpulan

Mengetahui apa saja efek samping Fair and Lovely akan membuat anda semakin waspada dan berhati-hati sebelum memutuskan untuk memakainya. Sebenarnya hal yang paling penting untuk diketahui adalah jenis kulit. Ketika anda sudah tahu dan paham jenis kulit yang anda miliki, maka anda akan dengan mudah dapat menemukan produk terbaik untuk digunakan sehingga efek samping yang muncul bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *