Follow Us

5 Efek Samping Wardah Acnederm Series, Bikin Jerawat Tambah Banyak?

5 Efek Samping Wardah Acnederm Series, Bikin Jerawat Tambah Banyak?

Ezkosmetik.com – Wajah jerawatan memang dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Benjolan kemerahan tersebut juga seringkali memicu radang sehingga menciptakan rasa tidak nyaman. Tidak ada pilihan lain selain memakai skincare anti-acne untuk mengatasinya, salah satu yang bisa dicoba adalah Wardah Acnederm Series.

Ini merupakan seri khusus dari Wardah yang berisi berbagai jenis skincare mulai dari pembersih muka, toner, krim siang malam hingga acne spot gel. Tidak hanya berguna merawat kulit berjerawat dan menahan jerawat agar tidak tambah banyak, tapi juga efektif hilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengempeskan jerawat.

Tapi apakah semua pengguna akan mendapatkan manfaat demikian? Nyatanya tidak. Ada yang justru mengalami reaksi negatif dan efek samping pemakaian Wardah Acnederm Series. Berikut beberapa efek samping Wardah Acnederm Series yang harus kamu waspadai.

Efek Samping Wardah Acnederm Series

1. Jerawat Tambah Banyak

Efek Samping Wardah Acnederm Series, Bikin Jerawat Tambah Banyak?

Efek samping pertama yang wajib kamu tahu adalah jerawat yang tambah banyak. Wardah Acnederm memang diformulasikan untuk mengatasi jerawat dengan berbagai bahan aktif di dalamnya. Tapi jika kulit tidak cocok, bukannya hilang, justru jerawat tambah banyak khususnya di area dahi dan pipi.

Ini disebabkan karena ketidakcocokan kulit dengan kandungan bahan aktif di dalam Wardah Acnederm, khususnya produk dengan konsentrasi bahan aktif tinggi seperti Day Cream dan Night Treatment Moisturizer. Selain itu juga dapat disebabkan karena penggunaan produk yang salah yang membuat breakout.

Gejala terjadinya efek samping pada sebagian besar pengguna adalah setelah semingguan. Awalnya cukup meredakan, tapi kemudian jerawat bisa semakin parah yang seringkali dibarengi munculnya bruntusan.

Baca Juga: 7 Efek Samping Wardah White Secret, Picu Jerawat hingga Kulit Mengelupas

2. Muncul Kemerahan

Efek Samping Wardah Acnederm Series

Saat kulit tidak cocok, bahkan skincare yang dikatakan paling bagus pun akan memicu efek samping. Wardah Acnederm mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi bakteri jerawat. Namun jika tidak cocok, kulit akan mengalami gejala negatif seperti muncul kemerahan.

Efek samping satu ini biasanya akan muncul tidak lebih dari seminggu pemakaian. Bahkan dalam 1-2 kali pemakaian bisa saja sudah muncul gejala kulit tidak cocok ini. Kamu bisa menghentikan pemakaian jika kemerahan terasa sakit dan mengganggu.

3. Iritasi

Efek Samping Wardah Acnederm Series

Kulit berjerawat memang mudah iritasi, jadi tidak boleh sembarangan memakai skincare pada kulit bermasalah ini. Meskipun rangkaian Wardah Acnederm sudah dibekali formula anti irritant, iritasi tetap dapat dialami beberapa pengguna lantaran pemakaian berlebihan.

Tidak direkomendasikan memakai Wardah Acnederm secara berlebihan. Misalnya pembersih muka maksimal dipakai 2 kali sehari, lalu ada toner yang dipakai cukup 1 kali di malam hari untuk pemilik kulit normal cenderung kering.

4. Meninggalkan Bekas Jerawat

Setiap orang yang wajahnya berjerawat berharap jerawatnya dapat hilang tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Dengan menggunakan skincare Wardah Acnederm, jerawat bisa hilang, tapi kamu harus berhati-hati agar tidak meninggalkan bekas menghitam setelahnya.

Belum tahu pasti apa penyebab bekas jerawat yang dikeluhkan beberapa pengguna setelah memakai rangkaian anti jerawat Wardah ini. Tapi yang pasti, ini terjadi karena peradangan akibat jerawat yang memicu kerusakan sel-sel kulit sehingga kulit tampak hitam.

Untuk meminimalisir bekas jerawat, kamu bisa mengurangi menyentuh jerawat, jangan memencet apalagi mencoba memecah jerawat. Selain itu jika kulit terasa panas saat menggunakan krimnya, segera bersihkan dan dapat gunakan soothing gel.

Baca Juga: 8 Skincare Wardah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik

5. Terasa Sensasi Panas dan Terbakar

Jika jenis kulitmu tergolong sensitif, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan Wardah Acnederm. Salah satu efek sampingnya yaitu terasa sensasi panas dan terbakar umumnya dialami pemilik kulit sensitif.

Efek samping ini dapat dirasakan dalam kurun waktu seminggu pemakaian, tapi juga bisa dialami setelah kurang lebih 2 minggu pemakaian. Intinya, jika tiba-tiba terasa panas dan terbakar disertai muncul merah-merah pada kulit, segera bersihkan sisa krim Wardah Acnederm dan hentikan pemakaian.

Baca Juga: 6 Bedak Wardah untuk Kulit Gelap dan Sawo Matang

Kesimpulan

Penyebab paling umum munculnya efek samping setelah menggunakan Wardah Acnederm Series adalah ketidakcocokan kulit dengan kandungan di dalam seri Wardah tersebut. Selain itu juga dapat disebabkan karena penggunaan yang salah dan berlebihan.

Untuk itu, ketahui apa saja kandungan Wardah Acnederm yang tidak cocok dengan kulitmu agar bisa diantisipasi efek sampingnya. Kamu juga dapat melakukan uji coba produk sebelum memakainya sebagai skincare sehari-hari. Semoga bermanfaat.