5 Efek Samping Serum Acneno untuk Kulit Wajah, Hati-hati!

Kalau kamu lagi cari-cari serum untuk mengatasi jerawat, mungkin serum Acneno sudah masuk dalam daftar pertimbanganmu. Serum ini memang banyak digemari karena klaimnya yang bisa bikin kulit lebih bersih dan bebas jerawat. 

Tapi sebelum kamu buru-buru memutuskan untuk mencobanya, ada baiknya kamu juga tahu tentang efek samping yang mungkin muncul. 

Mari kita bahas bareng-bareng tentang apa saja efek samping yang bisa terjadi saat menggunakan serum Acneno ini, supaya kamu bisa membuat keputusan yang lebih bijak dan tetap menjaga kesehatan kulit wajahmu.

Apa itu Serum Acneno?

Sebelumnya kita bahas dulu yuk apa itu serum Acneno yang belakangan ini viral di marketplace maupun sosial media.

Serum Acneno adalah salah satu produk dari brand “Acneno” yang fokus dalam merawat kulit dari permasalahan jerawat. 

Banyak manfaat yang diklaim akan kamu dapatkan saat memakai serum ini, antara lain:

  • Menghilangkan berbagai jenis jerawat membandel
  • Menghilangkan bruntusan
  • Meredakan jerawat kemerahan
  • Mencegah munculnya jerawat baru
  • Membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru
  • Zat antioksidan dan anti iritasi dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah

Terdapat beberapa kandungan utama Acneno  Acne Serum seperti Multiple Anti Ance Extract, rumput laut, Azeclair dan Niacinamide, serta Ectoin.

Serum Acneno biasa dijual di kisaran harga Rp 89 ribu isi 12 ml. Sudah terdaftar di BPOM dengan no. Reg: NA18220108416.

Efek Samping Serum Acneno untuk Wajah

Tidak banyak yang mengulas terkait efek samping serum dari brand lokal ini karena lebih banyak pengguna yang merasakan manfaat setelah memakainya.

Meski begitu, ada sebagian pengguna yang justru merasakan efek samping pada kulit mereka karena kondisi kulit yang tidak sesuai. Efek samping ini bisa ditandai dengan kulit memerah, muncul bruntusan dan jerawat, dan lainnya.

Yuk simak apa saja efek samping jujur setelah menggunakan serum Acneno pada kulit wajah berikut ini.

1. Kulit Memerah

Kulit yang memerah adalah salah satu efek samping yang paling umum dari penggunaan serum Acneno, terutama jika kulitmu termasuk sangat sensitif. Kandungan aktif dalam serum ini bisa memicu reaksi berlebihan pada kulit sensitif, sehingga kulit menjadi kemerahan. 

Ini biasanya terjadi karena bahan aktifnya cukup kuat untuk memerangi jerawat, tetapi juga bisa terlalu keras bagi kulit yang tidak terbiasa.

2. Kulit Makin Oily

Meskipun serum Acneno dirancang untuk mengatasi jerawat, beberapa orang malah mendapati kulit mereka menjadi lebih berminyak setelah pemakaian. 

Penyebabnya karena kulit yang bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak sebagai respon terhadap bahan aktif dalam serum yang mengeringkan kulit. Akibatnya, kulit mencoba menyeimbangkan diri dengan menghasilkan minyak berlebih.

3. Sensasi Panas atau Terbakar

Penggunaan serum Acneno juga bisa menimbulkan sensasi panas atau terbakar di kulit. Sensasi ini biasanya disebabkan oleh bahan aktif yang bekerja terlalu agresif pada kulit. 

Meskipun sensasi ini bisa berkurang seiring waktu saat kulit mulai terbiasa, penting untuk memperhatikan intensitasnya. Jika sensasi panas atau terbakar terus berlanjut atau semakin parah, sebaiknya hentikan penggunaannya karena tandanya kulitmu tidak sesuai.

4. Iritasi Kulit

Efek samping lainnya yang wajib kamu perhatikan adalah iritasi kulit. Iritasi ini bisa berupa kemerahan, gatal, atau kulit yang mengelupas. Biasanya, iritasi terjadi karena kulit tidak cocok dengan salah satu bahan dalam serum. 

Jika iritasi berlanjut, sebaiknya hentikan penggunaan serum dan beralih ke produk yang lebih lembut untuk kulitmu.

5. Alergi

Reaksi alergi juga bisa terjadi saat menggunakan serum Acneno, meskipun ini lebih jarang. Gejala alergi bisa termasuk gatal-gatal, ruam, bengkak berlebihan. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, segera hentikan penggunaan serum dan bersihkan wajah dengan baik.

Penting untuk melakukan uji coba di area kecil kulit sebelum mengaplikasikan serum ke seluruh wajah untuk memastikan kamu tidak alergi terhadap bahan-bahan yang ada dalam produk tersebut.

Cara Test Patch Serum Acneno

Salah satu cara menghindari gejala efek samping/tanda tidak sesuai kulit dengan serum Acneno adalah melakukan test patch/uji coba produk.

Uji coba ini membantu memastikan bahwa kulitmu tidak akan bereaksi negatif terhadap produk tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan patch test dengan benar:

1. Pilih Area yang Tepat
Pilih area kulit yang kecil dan tersembunyi, seperti di belakang telinga atau di bagian dalam pergelangan tangan. Area ini ideal untuk patch test karena kulitnya mirip dengan kulit wajah dalam hal sensitivitas, tetapi tidak terlalu terlihat jika terjadi reaksi negatif.

2. Bersihkan Kulit
Pastikan area yang dipilih bersih dan kering sebelum mengaplikasikan serum. Cuci area kulit tersebut dengan sabun lembut dan air, lalu keringkan dengan handuk bersih.

3. Aplikasikan Serum
Oleskan sedikit serum Acneno pada area yang telah dibersihkan. Gunakan jumlah yang sama seperti yang akan kamu aplikasikan di wajahmu nanti.

4. Tunggu dan Amati
Biarkan serum di area uji selama 12-24 jam. Amati apakah ada tanda-tanda reaksi negatif, seperti kemerahan, gatal, bengkak, atau sensasi terbakar. Perhatikan juga jika ada gejala alergi yang lebih serius.

5. Evaluasi Hasil
Jika setelah beberapa jam tidak ada reaksi negatif, kemungkinan besar kulitmu cocok dengan serum Acneno dan kamu bisa mulai menggunakannya di wajah. 

Namun, jika ada tanda-tanda iritasi atau reaksi alergi, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian dan cari produk alternatif yang lebih sesuai dengan kulitmu.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa efek samping yang bisa muncul saat menggunakan serum Acneno untuk wajah. Meskipun serum ini punya banyak manfaat, penting buat kita untuk selalu waspada terhadap reaksi kulit kita. 

Jika muncul tanda-tanda iritasi atau alergi, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Ingat, setiap kulit itu unik, jadi yang cocok buat orang lain belum tentu cocok buat kita. Jaga kesehatan kulitmu dengan bijak, ya!

Bagikan ke orang-orang terdekatmu!